Tips Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan - LOWONGAN KERJA KALIMANTAN TIMUR TERBARU

Selasa, 14 November 2017

Tips Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan

mengetahui lowongan kerja palsu

Penipuan Lowongan kerja semakin marak terjadi disekitar kita, para penipu Lowongan kerja akan menyasar target yang kurang waspada dan tidak teliti serta mudah tergiur akan imbalan gaji yang besar. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika menerima informasi lowongan pekerjaan, untuk menentukan sebuah lowongan pekerjaan asli/valid atau merupakan Penipuan Lowongan kerja.

Tips Menghindari Penipuan Lowongan Pekerjaan

1. Alamat Email/Website Perusahaan tidak Valid/Palsu
  • Pada Proses rekrutmen , pada umumnya Pihak perusahaan mencantumkan email resmi perusahaan sebagai alamat pengiriman berkas lamaran. Pada Lowongan Kerja Palsu , biasanya mereka akan membuat email yang sangat mirip dengan email perusahan yang mereka manfaatkan untuk menipu para pencari kerja, Jika kita kurang teliti, maka kita akan bisa terperangkat dengan penipuan lowongan kerja ini,  untuk itu dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan croscheck atau mencari info mengenai alamat email/website perusahaan yang valid/resmi, jangan terlalu mudah mengkonfirmasi keaslian alamat email perusahaan, sebelum terlebih dahulu dengan yakin mencari info info dari sumber yang kredibel.
2. Mencantumkan Nominal GAJI BESAR pada Lowongan
  • Mencantumkan Jumlah Gaji pada lowongan pekerjaan merupakan salah satu hal yang tidak biasa dilakukan oleh para perekrut karyawan (HRD), apalagi nominal yang ditawarkan terbilang begitu besar. Proses negoisasi gaji pada umumnya dilakukan setelah kandidat telah melalaui beberapa kali  tahapan seleksi ( lolos tahapan tahapan seleksi. Nominal Gaji yang besar ini sebenarnya dimanfaatkan oleh penipu lowongan kerja agar para pencari kerja tergiur dan mengikuti proses seleksi palsu ini.
3. Alamat/No Telepon Perusahaan Tidak Jelas
  • Hal yang juga penting untuk kita pastikan adalah, alamat dan no telepon perusahaan. Sama halnya dengan dengan point 1 di atas, Pada lowongan kerja palsu akan mencantumkan alamat dan no telepon perusahaan. Untuk alamat bisa saja mereka mencantumkan alamat yang sama persih dengan alamat kantor/perusahaan, namun untuk No telepon biasanya mereka menggunakan No Telepon seluler ( HP). Perusahaan Besar atau kecil sekalipun akan menggunakan Telepon kantor yang jelas , yakni No Telepon dengan Kode Wilayah tertentu ( sama halnya seperti telepon rumah). No Telepon kantor juga menjadi identitas dalam sebuah perusahaan. Ketika kita mengikuti proses seleksi pada suatu perusahaan, nomor telepon yang digunakan oleh Pihak Perusahaan adalah nomer Kantor dengan Kode Wilayah, jadi ketika kita mendapatkan panggilan lowongan kerja dengan nomer Ponsel/Hp, kita harus waspada dan lebih waspada lagi, walaupun terkadang beberapa perusahaan juga ada yang menggunakan nomor ponsel. Maka itu point 3 ini harus kita perhatikan juga dengan teliti
4. Biaya Travel/Tiket Pesawat Proses Rekrutment
  • Point ke empat inilah yang menurut kami 100% bisa memastikan bahwa suatu lowongan pekerjaan adalah PALSU atau PENIPUAN, Lowongan Kerja Palsu akan meminta biaya travel/ biaya perjalan pagi para pencari kerja yang "menurut" mereka telah lolos tahapan seleksi, Mereka akan berjanji untuk mengembalikan Biaya Tiket Pesawat ketika sudah tiba di tempat yang telah mereka tentukan sebagai tempat lokasi test rekrutment. Pada Umumnya Lokasi test adalah lokasi diluar Pulau / antar provinsi, sehingga mewajibkan pelamar untuk menggunakan Pesawat untuk dapat menjangkau tempat tersebut. Ketika anda diminta untuk mentransfer biaya Travel Tiket pesawat ke Agent Travel yang mereka tentukan, KAMI anjurkan untuk tidak pernah melaukan hal tersebut. dan jangan sekalipun nekat untuk membeli tiket sendiri untuk datang ke lokasi test, karena bisa kami pastikan ini PENIPUAN. 
Demikian beberapa hal yang harus  kita perhatikan untuk menentukan sebuah lowongan perkerjaan PALSU atau TIDAK, Dalam menerima Info Lowongan Pekerjaan, harap dengan sangat teliti, Cross Check semua informasi mengenai perusahaan yang melakukan rekrutment, manfaatkan media Internet untuk mencari info info akurat mengenai Perusahaan tersebut, jika perlu kita bisa mengkonfirmasi langsung ke Nomor telepon Perusahaan yang valid, untuk mengkonfirmasi kebenaran Lowongan Kerja tersebut. pada perusahaan Besar biasanya mereka akan memiliki Kantor Cabang di beberapa Kota, Anda harus proaktif untuk mengkonfirmasi ke Perusahaan yang bersangkutan.

Sebelum memastikan Sebuah Lowongan kerja memang benar benarVALID, hindari melakukan Share ke berbagai media sosial anda, karena hal ini bisa mengakibatkan orang lain yang tidak teliti menjadi korban penipuan Lowongan kerja

Tips ini kami rangkum dari berbagai laporan dan pengalaman yang pernah kami alami . Jika rekan rekan memiliki pengalaman mengenai penipuan/modus baru lowongan kerja silakan infokan ke kami.( email : kaltimloker@gmail.com)

Semoga Tips dan ulasan ini bisa membuat kita terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja yang selalu ada disekitar kita. 

Silakan bagikan/share artikel ini pada media sosial anda, agar saudara saudara kita yang lain bisa memahami dan terhindar dari tindak penipuan lowongan kerja

Salam..